Wisata Asyik Kota Solo

Wisata Asyik Kota Solo | Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat Sheranaa Indonesia. Asyikk ! sudah Weekend Days nih hehe. Enaknya weekend ngapain yaa. Sabtu ada yang sudah libur juga nih. Nah Sheranaa punya saran nih yang mau menghabiskan waktu liburan untuk piknik di suatu tempat. Kali ini sheranaa mau kenalin tempat wisata yang ada di Solo, hmm ada tempat asyik apa aja yaa di kota solo. Menurut situs Nyero ada beberapa tempat terkenal dan keren yang bisa kita kunjungi

1. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta merupakan salah satu tempat bersejarah yang didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II tepatnya di Desa Sala (Solo) yang kala itu berupa pelabuhan kecil di tepi Sungai Bengawan Solo. Hingga saat ini kompleks keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Raja dan masih menjalankan tradisi kerajaan.

Pada sebagian kompleks keraton terdapat museum yang berisi benda-benda koleksi peninggalan kerajaan, termasuk berbagai hadiah dari raja-raja Eropa dan juga replika pusaka keraton, kereta kencana serta gamelan. Sementara pada tengah museum terdapat sebuah sumur yang konon digunakan raja untuk bersemedi.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi berkunjung kesini diwajibkan untuk mematuhi peraturan yang berlaku, diantaranya adalah tidak boleh mengenakan celana pendek, kacamata hitam, topi, sandal jepit maupun jaket. Jika kamu kebetulan mengenakan celana pendek maka dianjurkan untuk meminjam kain bawahan selama berwisata ke keraton.

Kamu juga tidak boleh merokok selama mengunjungi keraton serta membawa makanan ke dalam kompleks keraton. Keraton Kasunanan Surakarta ini terletak di Jalan Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Objek wisata Solo ini buka setiap hari Senin-Kamis dengan jam operasional pada pukul 09.00-14.00 WIB, sementara pada hari Sabtu-Minggu buka pukul 09.00-15.00 WIB dan hari Jum’at tutup.

2. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan Taman Hiburan Rakyat (THR) yang terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta,  Jawa Tengah. Objek wisata budaya ini menyajikan berbagai atraksi kesenian dan hiburan bagi masyarakat.  Mulai dari pertunjukan wayang orang, pentas musik hingga dance. Kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas lain seperti wahana permainan seru, restoran dan juga stand-stand penjual souvenir.

3. Pura Mangkunegaran

Terletak di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, wisata sejarah dibangun pada 1757 oleh KGPAA Mangkunegara II dengan memadukan gaya tradisional Jawa dan sentuhan arsitektur Eropa. Selain bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan, kamu juga bisa menyaksikan berbagai koleksi benda seni dan bersejarah di lokasi ini.

4. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun binatang yang dibangun sejak tahun 1939 ini terletak di Jalan Ir. Sutami No. 40, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Konsep wisata alam dan edukasi terlihat begitu kental sehingga pengunjung bisa menikmati waktu bersantai dengan rekreasi dan belajar, terutama tentang koleksi satwa yang ada di kebun binatang ini. Selain koleksi satwa seperti gajah, macan tutul, zebra, komodo dan jenis satwa lainnya, kamu akan menemukan beberapa jenis pepohonan langka seperti akasia, trembesi, cemara, pinus dan lainnya. Selain berkeliling menyaksikan aneka satwa, kamu juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada seperti taman bermain, kereta mini dan juga pertujukan seni berupa reog atau kesenian lainnya.

5. Pandawa Water World Solo Baru

Taman rekreasi air ini terletak di Kompleks Pandawa Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Objek wisata yang diresmikan pada tahun 2007 ini dibuat dengan konsep cerita pewayangan, dimana pada beberapa sudutnya terdapat patung-patung. Patung berukuran besar yang menggambarkan tokoh-tokoh yang ada dalam dunia pewayangan.  Seperti Arjuna, Nakula, Sadewa, Drupadi dan tokoh lainnya. Objek wisata yang berada di antara Solo dan Wonogiri ini menyediakan 27 wahana permainan seru yang sayang untuk tidak dicoba. Diantaranya adalah wave pool, sight tower, slides, warm spa, areated spa, fantastic dan wahana permainan lainnya.  Objek wisata ini buka setiap pukul 08.00-18.00 WIB.

6. Edupark Intan Pari

Menjelajahi Wisata Solo, tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Taman Edupark Intan Pari atau Dirgantara Edupark. Di lokasi wisata ini terdapat sebuah pesawat asli jenis Boeing 737-300 yang diparkir dan juga helikopter jenis Bolco yang bisa dijelajahi oleh wisatawan. Tak jauh dari lokasi pesawat dan helikopter terdapat kolam renang yang bisa disambangi. Sambil menjelajahi pesawat dan helikopter yang terparkir, kamu bisa berfoto-foto dalam berbagai gaya yang keren. Lokasi: Gatot Subroto, Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar.

7. Telaga Madirda

Dengan view perbukitan yang hijau dan asri, Telaga Madirda menyajikan suasana alam yang begitu mempesona. Berada di kawasan Candi Sukuh, objek wisata alam ini bisa disambangi sekalian mengunjungi Candi Sukuh agar pengalaman liburan semakin lengkap.

Air telaga terlihat sangat jernih dan suhu udara di sekitar danau pun sejuk, membuat siapa saja betah untuk berlama-lama berada di tempat ini. Lokasi: Dusun Tlogo, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah.

Wah ternyata banyak juga yaa, tempat-tempat wisata yang ada di solo raya. Ayo sahabat sheranaa yang di luar daerah solo kalau mau berkunjung ke solo jangan lupa berkunjung ke tempat wisatanya yaa!

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

About the author

Open chat
1
Halo Mohon Info Untuk Distributor Khimar Syar'i di Sharenaa???