Walaupun Lelah Penting Berkah

Walaupun Lelah Penting Berkah | Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat Sheranaa Indonesia. Di hari selasa yang berbahagia ini, sheranaa mau membahas tentang kelelahan. Loh, koq lelah dibahas sih? Yaa, gapapa dong biar kita tau lelah kita itu sebenarnya baik atau buruk bagi kita. Begitu sahabat sheranaa..

Nah yuuk, kita mulai bahas dari apa sih yang membuat seseorang mudah lelah?
Di bawah ini merupakan kemungkinan-kemungkinan yang sahabat alami saat tubuh merasa kelelahan :

1. Kurang beristirahat, sepertinya memang alasan yang klasik tetapi tidak dipungkiri merupakan hal yang sering diabaikan. Ketika tubuh meminta haknya untuk beristirahat akan tetapi pekerjaan belum selesai disitulah awal permasalahan terjadi. Jika terjadi sekali dua kali mungkin tidak akan berpengaruh, akan tetapi jika terjadi berulang ulang tentunya berdampak tidak baik bagi kesehatan.

2. Kekurangan energi, bisa disebabkan karena melewatkan sarapan pagi ataupun kekurangan nutrisi ketika sarapan. Padahal sarapan pagi sangat mendukung aktifitas setidaknya sebagai sumber energi sampai tibanya waktu makan siang. Jadi jika tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup maka tidak heran badan akan mudah capek dan lelah.

3. Kurang Darah Dan Zat Besi, kondisi seperti anemia memicu badan gampang lelah dan lemas. Tubuh mudah lelah, pikiran gelisah, dan kepala terasa pusing adalah beberapa akibat yang akan muncul jika kita kekurangan zat besi. Kondisi seperti itu kerap timbul pada wanita ketika menstruasi, ibu hamil dan menyusui. Sangat dianjurkan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi agar tak menimbulkan anemia. Umumnya zat besi terdapat pada daging, makanan laut dan vitamin c seperti pepaya stroberi, tomat, dan jeruk.

4. Kurang Olahraga, Rutin berolah raga akan membantu tubuh untuk memperlancar denyut jantung dengan begitu sirkulasi oksigen keseluruh tubuh akan semakin banyak dan efektif untuk mengurangi efek kelelahan.

5. Kekurangan Vitamin, Kurangnya asupan Vitamin kedalam tubuh, tentu saja akan menyebabkan sel-sel dalam tubuh kekurangan asupan oksigen, sehingga tubuh mengalami kelelahan. Cukupi kebutuhan vitamin setiap hari, supaya tubuh ettap bugar dan berenergi.

6. Kondisi Serius Seperti Diabetes, Hipertiroid, dan Penyakit Jantung juga berpengaruh terutama jika anda merasa cepat lelah padahal tidak beraktifitas berat sama sekali. Apalagi jika anda memiliki riwayat penyakit tersebut dari keluarga. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk pencegahan.

Pada dasarnya, sangat manusiawi sekali yaa jika tubuh merasa lelah karena aktivitas seharian. Namun, jika lelahnya sudah tidak wajar maka hal ini perlu pemeriksaan lebih lanjut yaa sahabat. Normalnya, manusia akan kembali bugar jika menjaga waktu istirahat, pola makan minum yang cukup.

Lalu, walaupun lelah penting berkah itu yang bagaimana sih?
Nah kalau ini lelahnya harus yang lelah digunakan dalam aktivitas yang bermanfaat, seperti berkerja yang halal, membantu pekerjaan orang tua, membersihkan rumah, dan sebagainya yang baik-baik. Jangan lelah yang lelahnya karena main hati hehe atau lelah kebanyakan piknik. Hmm.. boleh sih tapi jangan berlebihan juga yaa! Insya Allah selama lelah kita adalah semata mengharap ridho dari Allah, akan menemukan keberkahan tersendiri koq!

Itu dia artikel mengenai walaupun lelah penting berkah, semoga bermanfaat yaa buat sahabat sheranaa Indonesia.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

About the author

Open chat
1
Halo Mohon Info Untuk Distributor Khimar Syar'i di Sharenaa???