Sunnah Ketika Bangun Tidur

Sunnah Ketika Bangun Tidur | Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat Sheranaa Indonesia. Jika sebelumnya membahas mengenai sunnah ketika hendak tidur, kali ini sheranaa mau membahas sunnah-sunnah apa saja sih yang dapat sheranaa dan sahabat lakukan kalau sudah bangun tidur hehe. Yuk simak lebih lanjut sunnah ketika bangun tidur yang diajarkan oleh Rasulullah.

1. Ketika Bangun Tidur Hendaknya Berdo’a

lhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mewafatkan (menidurkan) kami, dan kepada-Nya kami dibangkitkan,” (HR. Al-Bukhari).

2. Mengusap bekas tidur yang ada di wajah dengan tangan

Menurut Imam an-Nawawi dan al-Hafizh Ibnu Hajar, hal ini dianjurkan berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam:

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap bekas tidur dari wajahnya dengan tangannya,” (HR. Muslim).

3. Bersiwak / Menggosok Gigi

“Apabila Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak,” (Muttafaq ‘alaih).

Dalam media briefing ‘Sensodyne Expert Sharing’ di Aula Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Senin (20/9/2010), drg Robert Lessang, Sp.Perio mencontohkan salah satu kebiasaan menggosok gigi yang tidak tepat.

Menurutnya, kebiasaan menggosok gigi lebih tepat untuk dilakukan saat bangun tidur daripada sesudah sarapan pagi. Tujuannya memang bukan untuk membersihkan sisa makanan melainkan mencegah terbentuknya plak atau karang gigi.

4. Ber-istintsar

Yaitu, mengeluarkan atau menyemburkan air dari hidung sesudah menghirupnya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Apabila seorang di antara kalian bangun tidur, maka beristintsarlah tiga kali, karena sesungguhnya syaitan bermalam di ujung (rongga) hidungnya,” (Muttafaq ‘alaih).

5. Mencuci kedua tangan tiga kali

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Apabila salah seorang kalian bangun tidur, janganlah memasukkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali,” (Muttafaq ‘alaih).

Demikianlah beberapa poin yang bisa kita tiru dari kebiasaan-kebiasaan Rasulullah setelah bangun tidur. Semoga pembahasan kita mengenai sunnah ketika bangun tidur bermanfaat bagi kita semua yaa~

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

About the author

Open chat
1
Halo Mohon Info Untuk Distributor Khimar Syar'i di Sharenaa???