Kurangi Dan Lebihi

Kurangi Dan Lebihi | Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat Sheranaa Indonesia, Gimana rutinitas hari ini? Apakah padat atau santai hehe. Artikel kali ini mimin sheranaa mau membahas soal kurangi dan lebihi, loh apa tuh yang kurangi dan lebihi? Ups~ tenang-tenang, pembahasannya bukan soal mengurangi makanan atau melebihi makanan koq! Tapi nih tapi tentang hal yang sebaiknya kita lakukan untuk kebaikan kita sendiri maupun orang lain. Nah apa saja sih yang sebaiknya dikurangi maupun dilebihi dalam rutinitas kita sehari-hari biar selalu bawa energi positif?

Kurangi :

1. Berbicara yang menyakiti perasaan orang lain

Wah, kalau ini sih bahaya banget yaa sahabat sheranaa, walaupun lidak tak bertulang tetapi bisa menyakiti hati orang lain. Sering-sering berfikir dahulu yaa sebelum berbicara yang sekiranya kurang baik. Insya Allah berbicara baik bisa jadi doa juga loh buat kita, siapa tau ada malaikat yang mendoakan kita sesuai perkataan kita. Setuju ga hayo?

2. Mengeluh

Nah, ini dia biasanya yang sering dilakukan orang yang sedang dilanda dilemma letih lelah lesu lemas hehe. Padahal Allah sudah memerintahkan kita supaya jangan mudah mengeluh loh dan ternyata ada pahalanya nih !

“ Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman. “ (Surah Al-Imran Ayat 139).

“ Dan mintalah pertolongan (kepada Allah swt) dengan jalan sabar dan mengerjakan shalat dan sesungguhnya shalat itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyu.” (Surah Al-Baqarah Ayat 45).

Ayoo terus semangat yaa~

3. Membenci

Agama kita melarang banget kita mempunyai jenis penyakit hati seperti ini, yaitu membenci sesuatu bahkan seseorang. Selain kurang baik bagi diri kita, hal ini juga kurang baik bagi kesehatan kita loh.. kenapa koq bisa? Iya dong, kalau membenci sesuatu justru biasanya dipikirkan terus dan jadi berpikir negatif hehe.

Allah berfirman :

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Surah Al-Baqarah Ayat 216)

Lebihi

1. Peduli

Bersikap peduli itu kunci utama membentuk sikap saling menyayangi sesame lho, jika kita sering peduli terhadap orang lain maka orang lain akan bergantian memperdulikan kita. Peduli bukan hanya terbatas pada sesame manusia, tetapi hewan maupun tumbuhan juga berhak untuk dipedulikan.

2. Menguatkan

Menguatkan atau support ketika orang lain butuh dukungan dari kita. Support atau dukungan tidak hanya harus materi, tetapi bentuk perhatian, ditemani, didengarkan ceritanya, masalahnya juga termasuk dalam penguatan support kepada seseorang. Terkadang hal-hal remeh bagi kita merupakan hal besar bagi orang lain.

3. Mencintai

Eitts, kalo yang ini jangan disangka hanya terbatas mencintai pasangan saja lho ya.
Mencintai diri sendiri dan lingkungan sekitar juga termasuk di dalamnya. Coba deh kalian pikirkan jika kalian mencintai rumah kalian pastinya juga senantiasa dibersihkan dan dirapikan. Begitupun jika mencintai diri sendiri, sebisa mungkin akan selalu menambah hal-hal baru dan hebat di dalam diri kalian.

Itu dia kurangi dan lebihi yang mimin bahas pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat buat sahabat sheranaa Indonesia.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

About the author

Open chat
1
Halo Mohon Info Untuk Distributor Khimar Syar'i di Sharenaa???