Kunci Kebahagiaan Diri

Kunci Kebahagiaan Diri | Yuhuu~ Sahabat Sheranaa, bagaimana mood kamu hari ini?

Apakah lagi good mood atau bad mood nih hayoo~

Pernah terlintas di pikiran kita ngga, kenapa sih orang lain bias terlihat sangat bahagia tiap harinya? Atau kenapa sih orang lain biasa cemberut terus tiap harinya? Hehe.
Rata-rata pernah kan yaa…

Nah, jika kita melihat orang lain senantiasa bahagia, mungkin kitanya saja yang belum mengerti bahwa dibalik kebahagiaannya, terdapat hal lain yang di luar pemikiran kita. Bisa saja sebenarnya dia lagi sedih, ada masalah, tetapi ditutupi dengan senyumnya, semanta agar orang lain tidak khawatir terhadapnya, semata agar orang menganggapnya baik-baik saja.

Terus, sebenernya dimana kunci kebahagiaan itu?

Kunci kebahagiaan itu terletak di diri kita sendiri, pikiran dan hati kita sendiri yang saling sinkron, memandang segala hal yang terjadi dengan pikiran jernih dan tenang pasti memunculkan kebahagiaan tersendiri. Lingkungan dan orang sekitar juga mempengaruhi mood dan kebahagiaan kita lho, selama kita selalu memiliki energi pikiran yang positif dan menerima energi positif dari orang yang peduli terhadap kita. Disamping itu kita juga bisa mendapat kebahagiaan dari rutinitas ibadah kita, semakin hubungan vertikal kepada Allah baik, maka bahagia Insya Allah selalu kita dapatkan. Hal lain yang dapat kita lakukan juga jika ingin bahagia adalah gemar mempelajari ilmu yang bermanfaat, ilmu baik hehe 😀 , sesuai dengan hadits :

 مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَه

Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu masjid Allah, untuk membaca Al-Qur`an dan mempelajarinya di antara mereka, kecuali akan turun ketenangan, dilingkupi rahmat Allah, dikelilingi para malaikat, dan Allah memuji mereka di hadapan malaikat.”(HR. Muslim)

Bersyukur terhadap apa yang kita miliki saat ini dengan tidak membanding-bandingkan dengan milik orang lain juga secara langsung dapat membuat kita merasa bahagia loh, kenapa? Sebab kita merasa bahwa karunia yang Allah berikan kepada kita selalu cukup untuk kita. Allah juga menjanjikan bahwa siapapun yang senantiasa bersyukur terhadap apa yang dimilikinya atau apa yang didapatinya akan diberi tambahan nikmat, nikmat bukan hanya soal rezeki lho yaa sahabat sheranaa, tetapi juga bias berupa nikmat usia yang berkah, kesehatan, teman yang mampu membimbing dalam rangka kebaikan, maupun hal hebat lain yang tentu saja Allah persiapkan terbaik untuk kita.

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Al Baqarah : 7)

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”(QS Al Baqarah : 152)

Maka, dapat kita simpulkan sendiri kan sahabat, bahwa kunci kebahagiaan diri itu dimulai dari diri kita sendiri, bagaimana kita mengaturnya agar diri kita senantiasa berbahagia. Tentu mood yang kurang baik itu sangat manusiawi, maka Allah memberikan solusi agar hambaNya senantiasa untuk bertawakal kepadanya dan banyak mengingatNya dengan melakukan ibadah yang rutin J

About the author

Open chat
1
Halo Mohon Info Untuk Distributor Khimar Syar'i di Sharenaa???