Hujan Adalah Bentuk Cinta Allah

Hujan Adalah Bentuk Cinta Allah | Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat Sheranaa Indonesia yang Insya Allah senantiasa dalam perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tepat tanggal 10 bulan 10 tahun 2019, sudah mulai musim hujan nih yaa sahabat. Di kota sheranaa sendiri sudah mulai sering hujan lho. Sheranaa seneng deh pokoknya kalau hujan hawanya jadi adem dan seger. Tapi sheranaa sedih, kalau ada yang berkata kurang bagus mengenai hujan. Karena apa? Karena sebenarnya hujan adalah bentuk cinta dari Allah , yuk simak beberapa firman Allah terlebih dahulu agar para sahabat sheranaa yakin bahwa hujan merupakan bentuk cinta dari Allah :

وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِن بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنشُرُ رَحْمَتَهُ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.” (QS: Asy-Syuura [41] : 28).

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُّبَارَكاً فَأَنبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS: Qaaf (50) : 9).

Dari ayat-ayat di atas menerangkan bahwa hujan itu adalah berkah dari Allah, rahmat yang diturunkan Allah melalui hujan. Allah menumbuhkan tanam-tanaman dari hujan, dari hujan pula Allah jadikan sesuatu hidup bukankah tubuh manusia juga 80%nya adalah air, bahkan ada bagian tubuh manusia yang memiliki kadar air di atas 80% yaitu otak dan darah. Lantas apalagi yang dapat menguatkan bahwa hujan adalah bentuk cinta dari Allah? Semuanya juga terdapat di dalam Al-Qur’an lho sahabat.

1. Hujan adalah bentuk rahmat Allah (QS Al-A’raf:57)

2. Hujan sebagai sarana untuk mensucikan diri (QS Al-Furqan: 48)

3. Hujan dapat menghilangkan gangguan syaithan (QS Al-Anfal:11)

4. Hujan menjadi sumber kehidupan bagi manusia dan binatang (Al-Furqan:49)

5. Hujan menghidupkan negeri yang alamnya kering kerontang (QS Az-Zukhruf:11)

6. Hujan adalah waktu mustajab untuk berdoa

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

“Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.

(Dikeluarkan oleh Imam Syafi’i dalam Al Umm dan Al Baihaqi dalam Al Ma’rifah dari Makhul secara mursal. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shohihul Jaami’ no. 1026.)

Yuk sahabat sheranaa yang tadinya sering kesal karena hujan sekarang ganti dengan perbanyak syukur kepada Allah yaa, karena hujan adalah rahmat dari Allah. Tetap jaga kesehataan yaa, walaupun hujan juga jangan terus hujan-hujanan, dingin. hehe

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

About the author

Open chat
1
Halo Mohon Info Untuk Distributor Khimar Syar'i di Sharenaa???