Awali Aktivitas Dengan Basmallah

Awali Aktivitas Dengan Basmallah | Assalamu’alaikum ukhti cantik di seluruh indonesia ^^

Kali ini mimin mau membahas tentang keutamaan membaca basmallah di setiap aktivitas kita. Bacaan basmallah itu yang bagaimana sih min? Oke mimin ingetin lagi yaa.. pasti udah sering kalian baca koq 🙂

Bacaan Basmallah :

بسم الله الرحمن الرحيم

bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”

Bacaan basmallah biasanya tertera di awalan surat dalam Al-Qur’an, kecuali surat At-Taubah yaa 🙂 Nah loh..baru tau kan kalo di surat At Taubah tidak ada bacaan basmallah-nya 😀

Lalu bacaan basmallah juga biasanya muslim dan muslimin baca ketika hendak melakukan sholat maupun melakukan aktivitas lainnya. Kenapa basmallah penting bagi kita? Karena bacaan ini turun langsung dari Allah, mempunyai power atau kekuatan tersendiri ketika seorang muslim/muslimah senantiasa membacanya untuk mengawali kegiatan. Dengan menyebut nama Allah juga, maka itu berarti kita berserah diri terhadap Allah terhadap apapun keadaan yang akan kita lalui. Sembari berharap Allah ridho terhadap aktivitas apapun yang kita lakukan selama itu baik dan tidak melanggar perintah-Nya.

Mengamalkan bacaan basmallah secara rutin juga punya keutamaan, diantaranya sebagai perisai diri dari gangguan syaithan dan merupakan bacaan yang di dalamnya terdapat pahala yang begitu besar bagi yang membacanya, sesuai dengan hadits :

Rasulullah Shalallahu Alaihi wassalam bersabda:

 “Barang siapa yang membaca (بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ) pada setiap hari di waktu shubuh dan sore sebanyak tiga kali maka tidak akan memudharatkan baginya sesuatu apa pun.” (HR. At Tirmidzi)

Rasulullah Shalallahu Alaihi wassalam bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah (Al Qur’an) maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku (Nabi Muhammad) tidaklah mengatakan Alif Laam Miim adalah satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (H.R. At Tirmidzi)

nah makanya penting banget kan awali aktivitas dengan basmallah , jangan sampai lupa yaa~

About the author

Open chat
1
Halo Mohon Info Untuk Distributor Khimar Syar'i di Sharenaa???